Teknik informatika merupakan salah satu jurusan atau prodi tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analis sistem matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika. Serta melakukan komputasi jaringan dan juga multimedia.
Di Prodi Teknik Informatika kamu akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya kamu akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
3 bagian yang dipelajari di Teknik Informatika adalah :
1. Sistem Informasi
- Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL adalah suatu ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan sepesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian, sampai pemelihraan sistem setelah digunakan.
- Pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji, dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dengan berbagai bahasa pemrograman.
- Database
Database atau Basis Data adalah kumpulan data yang disimpan didalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak untuk menghasilkan informasi. Database berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut.
2. Multimedia
- Desain Grafis
Desain grafis adalah sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Seorang perancang grafis bertugas menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh client/produk dalam bentuk desain yang menarik baik berupa Ilustrasi, Tipografi, Fotografi, atau Grafis Motion.
- Animasi 3D
Animasi adalah animasi/gambar bergerak dalam ruang digital 3 Dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilimkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau realtime. contoh software/aplikasi untuk membuat animasi 3D adalah : Blender, Lightwave, dan lain-lain.
- UI/UX
UI (User Interface), adalah desain antarmuka untuk mesin atau perangkat lunak, seperti komputer, perangkat mobile, atau perangkat elektronik lainnya.
UX (User Experience), berfokus pada meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna dalam memakai produk.
3. Jaringan
- Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.
- Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer atau perangkat yang terhubung satu sama lain dan saling berkomunikasi dengan bertukar data.
- Komunikasi Data
Proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang lokal ataupun yang luas.
Ada 3 bidang minat atau konsentrasi di Teknik Informatika yaitu :
1. Komputasi Cerdas Dan Visualisasi (KCV)
Mata kuliah yang ditawarkan dalam biang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan dalam memanipulasi dan menganalisis data citra pada berbagai bidang aplikasi (AI, biomedika, industri), kemampuan menerapkan metode sistem cerdas pada berbagai bidang aplikasi dan kemampuan memodelkan dan mengoptimasikan sistem nyata.
2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada kemampuan dalam melakukan pengujian perangkat lunak, kemampuan mengelola proyek perangkat lunak, kemampuan mengurangi resiko kesalahan perangkat lunak, dan kemampuan membuat perangkat lunak game.
3. Komputasi berbasis jaringan
Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada kemampuan dalam membangun infrastruktur jaringan yang aman, kemampuan membangun sistem grid, kemampuan membangun aplikasi jaringan sesuai standar dan kemampuan membangun aplikasi multimedia berbasis jaringan.
TERIMA KASIH
0 comments