Pertimbangan Dalam Mendesain dan Pemrograman Web

By Seika生花 - February 22, 2021

Dapat dikatakan bahwa desain web adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis saat ini. Bukan hanya untuk bisnis tetapi bisa juga untuk personal. Bahkan kesalahan desain web terkecil pun dapat merusak pengalaman pelanggan Anda, yang pada akhirnya dapat menghabiskan banyak uang.

     1. Mengidentifikasi pengguna utama Anda

        Ini mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak proyek situs web yang telah diselesaikan tanpa analisis profil pengguna yang tepat. Untuk membuat situs web yang memenuhi kebutuhan audiens target Anda yang paling penting, Anda harus terlebih dahulu menyelidiki siapa orang-orang itu, dan mengapa mereka datang ke situs Anda. Tidak jarang satu bisnis memiliki beberapa grup pengguna utama.

        Misalnya, situs web untuk klinik dokter kemungkinan akan memilih pasien mereka sebagai audiens utama mereka. Tetapi jika profesional perawatan kesehatan yang bekerja di klinik juga mengakses situs web untuk memperbarui informasi klien, menjadwalkan janji temu, menanggapi pertanyaan publik, dan memposting pembaruan, maka profesional perawatan kesehatan internal juga harus dianggap sebagai pengguna utama.

    2. Kecepatan Akses

        Situs web dapat membuat atau menghancurkan seluruh perusahaan Anda. Terlepas dari teknologi gila yang terlibat dalam menghubungkan orang ke berbagai halaman di seluruh dunia, jika halaman tidak dimuat dalam tiga hingga lima detik, pengguna akan menjadi gila. Mereka kemungkinan besar akan keluar dari halaman web Anda dan tidak pernah kembali, menyebabkan Anda kehilangan potensi bisnis mereka. 

    3. Menjadikan seluler sebagai prioritas utama 

        Pada tahun 2018, tidak ada bisnis yang berinvestasi di situs web yang tidak dibuat untuk yang mengutamakan seluler . Dengan 51% lalu lintas web global yang berasal dari perangkat seluler, melewatkan daya tanggap adalah salah satu cara paling pasti untuk menghalangi kesuksesan situs Anda. Anda ingin memastikan bahwa desain Anda dioptimalkan untuk tampilan gambar, teks, logo, dan elemen lain di layar yang lebih kecil karena banyak pengunjung Anda akan mengakses situs Anda dari tablet atau ponsel.

        Tanyakan kepada perusahaan pengembang web Anda apakah mereka sudah familiar dengan desain yang mengutamakan seluler, desain sensorik, dan desain adaptif - yang masing-masing diperlukan saat membuat situs web dengan mempertimbangkan pengguna seluler.

    4. Konten 

        Sangat pemilih. Meskipun laman web Anda mudah diakses, berfungsi dengan baik, berfungsi dengan cepat, dan tampak hebat, mereka tetap tidak akan senang kecuali Anda memiliki konten yang menarik dan menarik di situs Anda. Pemasaran konten memainkan peran utama dalam kampanye iklan perusahaan mana pun. Orang lebih suka konten video daripada tertulis, itulah sebabnya penayangan video konten telah melebihi 50 miliar tampilan per bulan.

    5. Memilih Domain dan Host

        Nama domain yang bagus (lihat Google dan Yahoo, untuk dua) mengatakan banyak hal sambil mengatakan sangat sedikit. Selain mudah diingat, nama domain harus secara akurat mencerminkan suara merek Anda dan hampir tidak mungkin salah eja. Menemukan nama yang tepat untuk merek Anda sangat penting, karena menggabungkan kombinasi SEO , ejaan sederhana, dan identitas merek ke dalam nama domain mengarah pada peluang yang lebih tinggi untuk ditempatkan di hasil mesin pencari. Sederhananya, bisnis yang mudah diakses secara online mendapatkan lebih banyak pelanggan.

        Saat membandingkan paket hosting, penting untuk mempertimbangkan sifat situs web dan bisnis Anda. Akankah situs web kaya media, dengan banyak gambar, video, dan presentasi? Apakah Anda memiliki dukungan teknis internal, atau apakah Anda memerlukan dukungan yang andal dan responsif dari penyedia hosting Anda? Juga pikirkan tentang jumlah lalu lintas yang akan diterima situs web Anda. Apakah perusahaan hosting menawarkan solusi yang dapat diskalakan? Cadangan, keamanan, dan fitur tambahan apa yang ditawarkan? Jangan lupa untuk meneliti ulasan tentang kinerja perusahaan di media sosial dan situs web pihak ketiga sebelum membuat keputusan akhir.

    6. Fungsionalitas

        Saat memikirkan tentang fungsionalitas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Yaitu, apakah situs web berfungsi secara harfiah? Apakah ada masalah memuat atau tautan rusak? Apakah fitur keamanan situs memadai untuk kebutuhan bisnis Anda? Selain masalah operasional ini, penting untuk melihat fitur situs web Anda dari sudut pandang pengguna. Apakah bagian formulir kontak, survei, dan umpan balik pelanggan di situs Anda berfungsi dengan baik? Satu atau semua masalah fungsional ini dapat mendorong pelanggan untuk meninggalkan situs Anda.

    7. Navigasi

        Jika situs web membingungkan dan sulit dinavigasi, pelanggan Anda mungkin pergi dan tidak pernah kembali. Untuk meningkatkan efisiensi dan daya tarik navigasi situs Anda, lakukan tinjauan situs mendalam seolah-olah Anda adalah pengunjung baru. Perhatikan aliran navigasi yang masuk akal dan yang tidak. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pengunjung dalam menavigasi situs Anda dengan mudah (dan membantu mesin telusur merayapi situs Anda) adalah dengan menambahkan peta situs. Selain itu, menyederhanakan navigasi dengan menghilangkan halaman yang tidak perlu atau berkinerja buruk dapat mengurangi waktu muat sekaligus meningkatkan kualitas kehadiran online merek Anda.

    8. Keamanan Efektif

        Dengan evolusi teknologi, risiko keamanan yang lebih baru dan lebih canggih mengancam integritas situs web Anda. Dari malware dan virus hingga aplikasi berbahaya dan ancaman peretas, situs web harus mencegah pelanggaran keamanan di bagian depan dan belakang. Situs web yang dibangun untuk melakukan transaksi online, seperti situs e-niaga, memerlukan tindakan pengamanan tambahan untuk melindungi informasi pelanggan. Untuk mengurangi potensi ancaman berbasis browser, bisnis harus menambahkan sertifikat SSL ke situs web mereka. Selama pengembangan, penting untuk meninjau fitur keamanan yang disertakan dalam kerangka kerja dan desain situs Anda. Bisnis juga perlu melakukan pemeriksaan keamanan rutin atau bekerja sama dengan penyedia yang menawarkan layanan ini.

    Jelas bahwa ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat situs web bermerek. Selain meningkatkan lalu lintas dan menghasilkan prospek, desain, navigasi, dan konten situs Anda harus melibatkan pelanggan dan menginspirasi interaksi lebih lanjut dengan merek Anda.


x

  • Share:

You Might Also Like

0 comments